Halaman

Rabu, 15 Februari 2012

PENERAPAN EMAIL RESMI KUA KECAMATAN


Kayuagung – Humas,
Mulai tahun 2012 ini, terhitung Februari nanti seluruh satuan kerja dilingkungan Kementeria Agama Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 107 satker termasuk 169 KUA Kecamatan efektif menggunakan layanan surat elektronik resmi atau email sebagai pengganti surat menyurat manual yang selama ini digunakan.

Kasubbag Hukmas dan KUB Kanwil Kemenag Sumsel, Saefudin, S.Ag mengatakan, layanan surat elektronik antar satuan kerja dan KUA Kecamatan dilingkungan Kemenag Sumsel akan kita efektifkan mulai digunakan Februari nanti.

“Saat ini proses pembuatan email resmi KUA Kecamatan sebanyak 169 sudah 100% selesai kita buatkan”,ujarnya. Dan dikatakannya, nanti KUA Kecamatan harus segera memfasilitasi kantornya masing-masing dengan jaringan / infrastruktur internet, komputer/ laptop atau modem dan tenaga pengelola email ini.

“Kita sudah mengirimkan surat kepada Satker Kankemenag Kabupaten/Kota untuk mendata ulang petugas pengeola email ini baik di satker negeri atau KUA Kecamatan”,jelas Saefudin.

Dalam kesempatan ini juga Saefudin, mengharapkan kepada seluruh satker dan KUA Kecamatan untuk mendukung program Kanwil salah satunya penerapan layanan elektronik humas atau e-Humas. Program ini dijelaskannya, tentu akan memberikan kemudahan akses informasi bagi semua pihak terkait baik internal dan eksternal satker. Dan untuk mendukung layanan ini kata Saefudin, sangat memerlukan kesiapan SDM dan sarana penunjang jaringan internet yang harus terpasang atau paling tidak menggunakan modem.

“Mari kita dukung layanan e-Humas ini bersama-sama, karena layanan ini akan memberikan kemudahan akses informasi baik internal organisasi maupun pihak eksternal (publik) yang membutuhkan”,harapnya.

Melihat dari persiapan yang dilakukan Kanwil Kemenag Sumsel melalui Subbag Hukmas dan KUB untuk mendukung layanan e-Humas ini memang tidak main-main. Hal ini terlihat dari berbagai persiapan yang dilakukan Tim Website dan Tim Tik Kanwil Kemenag Sumsel dengan melakukan pendataan ulang kesiapan seluruh satuan kerja di daerah baik SDM maupun jaringan internet. Selain itu juga, melakukan evaluasi menyeluruh SDM dan kesiapan / komitmen satker terkait pelayanan kemudahan akses informasi yang menyeluruh.

“Kita sekarang mempersiapkan layanan e-Humas ini agar benar-benar efektif dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas”,urai Saefudin. Ketika ditanyakan masih ada satker terutama KUA Kecamatan yang belum siap jaringan internet, dengan diplomatis Saefudin mengatakan, bahwa hal tersebut tentu menjadi cambuk dan tantangan tersendiri kita untuk mengatasinya.

“Kalau melihat kondisi internet yang belum terpasang di hampir seluruh satker dan KUA Kecamatan, saya rasa itu tantangan kita kedepan. Mari mulai dari sekarang kita atasi dan perhatikan, dan kalau tidak dari sekarang kapan lagi kita menyiapkannnya ?”,tanya Saefudin.(ps)