Halaman

Sabtu, 21 April 2018

Menag Lantik Dua Kakanwil dan Lima Kepala Biro PTKN


  • Senin, 09 April 2018 13:39 WIB
Menag Berikan Sambutan pada Pelantikan Pejabat Eselon II, Senin (09/04). Foto : Romadanyl Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik tujuh pejabat eselon II, terdiri dari dua Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan dua Kepala Biro pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Pelantikan berlangsung di operation room Gedung Kementerian Agama, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Di hadapan jajarannya, Menag kembali mengingatkan untuk senantiasa memperluas cakrawala berpikir dan memahami persoalan yang berkembang di masyarakat. "Setiap pejabat Kementerian Agama harus memberi makna dan bobot pada institusi kita. Saudara-saudara perlu memperluas cakrawala berpikir dan memahami persoalan seiring dengan perkembangan masyarakat dan menguasai ekosistem tugas dan fungsi Kemenag sesuai dengan bidang masing-masing," ujar Menag, Senin (09/04).
Menag meminta para pejabat yang baru dilantik agar senantiasa mengasah kemampuan personal. "Realitas bahwa semakin tinggi kedudukan dan jabatan semakin sedikit waktu dan kesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan. Karena itu, seluruh pejabat di lingkungan Kemenag diminta untuk pandai-pandai memanfaatkan waktu untuk mengasah kemampuan personal, menambah ilmu, menyerap berbagai informasi, serta memaksimalkan kehadiran di forum-forum rapat dan pertemuan lintas stakeholder," ujar Menag.
Menurut Menag, tugas dan fungsi Kanwil Kemenag Provinsi dan tata kelola perguruan tinggi keagamaan negeri memerlukan lahirnya inovasi, wawasan, dan energi baru dari para pemangku jabatan. Selain itu, pejabat Kemenag juga perlu memiliki kepekaan dalam menanggapi sekaligus menangani isu-isu keagamaan, serta mampu mengantisipasi potensi-potensi masalah.
“Setiap pejabat Kemenag harus bisa memahami dan mendalami serta menghadirkan solusi atas setiap masalah yang dihadapi,” ujar Menag.

“Saudara-saudara sesuai dengan tugasnya, haruslah sebagai orang pertama yang mengetahui masalah menyangkut kehidupan beragama di lingkungan Saudara masing-masing,” ujar Menag.
Adapun pejabat eselon II yang dilantik, yaitu:
1. Kudrat Dukalang sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo
2. Rusman Langke sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah
3. Abdullah Latopada sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri Sultan Qoimuddin Kendari
4. Khaeroni sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri Salatiga
5. Suleman sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri Manado
6. Janus Pangaribuan sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
7. Urbanus Rahangmetan sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Kristen Negeri Ambon