Halaman

Jumat, 15 Juli 2011



SAMBUTAN KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM RANGKA PEMBUKAAN MANASIK HAJI KBIH
AS-SHOFA DI MASJID AL-FATHUL AKBAR
KEC. SU I PALEMBANG
MINGGU, 20 FEBRUARI 2011

Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Yth. Bapak Ketua KBIH As-Shofa
Yth. Para Alim Ulama,
Yth. Calon Jamaah Haji yang berbahagia.

Syukur Alhamdulillah berkat Rahmat dan karunia Allah SWT pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka Pembukaan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh KBIH As-Shofa untuk musim haji tahun 1432 H/2011.

Calon Jamaah Haji yang berbahagia
Pelaksanaan Ibadah Haji merupakan tugas Nasional dan Menjadi Tanggung jawab Pemerintah di bawah Koordinasi Menteri Agama. Maka Pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan sarana dan prasarana serta kemudahan, keamanan, kenyamanan yang diperlukan oleh setiap Calon Jamaah Haji yang akan menunaikan ibadah Haji.

Dalam rangka melasanakan pembinaan manasik haji Pemerintah di bantu oleh KBIH yang salah satunya adalah KBIH As-Shofa, walaupun demikian pemerintah tetap melaksanakan manasik Haji gratis, yang dilaksanakan oleh Kemenag Kab/Kota melalui Kantor-kantor KUA Kecamatan yang waktu pelaksanaannya setelah masa pelunasan BPIH.

Hadirin yang berbahagia,
Manasik Haji ini sangat penting untuk diikuti oleh Calon Jamaah Haji yang akan berangkat ke tanah Suci Makkah, karena hal tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan yang berharga tentang tata cara pelaksanaan rangkaian syarat dan rukun haji. Juga dapat mendorong prinsip kemandirian Calon Jamaah Haji sehingga diharapkan rangkaian ibadah Haji dapat dilaksanakan dengan sempurna. Materi pokok pada manasik haji pada prinsipnya mempelajari bagaimana melaksanakan haji secara baik dan benar, selain disampaikan hal-hal yang wajib, sunat dan yang terlarang juga pengalaman haji dari pembicara sangat berharga, seperti peragaan cara memakai ihrom, tawaf, sa`i dan melontar jumroh.

Tidak sedikit para calon jamaah haji, walaupun telah mengikuti manasik haji masih kurang dan belum juga menguasai apa yang dipelajari, seperti do`a-do`a yang harus dibaca secara berurutan pada ditempat-tempat tertentu.
Untuk itu, kami mengharapkan disamping mengikuti bimbingan manasik, juga jangan lupa untuk membaca buku yang berkenaan pelaksanaan ibadah haji atau menyaksikan tayangan TV dan VCD Manasik Haji, dan yang tidak kalah pentingnya lagi jamaah secara berkelompok menjadwalkan kegiatan silaturrahmi untuk menimbah pengalaman dari jamaah tahun terdahulu, karena lebih banyak narasumber yang didapat akan lebih banyak bahan pembanding untuk kemudian di pedomani di tanah suci nanti.

Jamaah Calon Haji dan Hajjah Yang Berbahagia
Demikian, dengan iringan do`a yang ikhlas semoga saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan manasik ini dengan baik sehingga memperoleh pengetahuan yang memadai dalam pelaksanaan ibadah haji. Akhirnya,dengan mengucapkan "Bismillahirrohmanirrohim" Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji KBIH AS-SHOFA saya nyatakan secara resmi dibuka.

Wallahumuwaffiq lla Aqwamith Thariq

Wassalamu`alaikum wr.wb.
Palembang , 09 Februari 2011
Ka.Kanwil Kemenag Prov. Sumsel

Drs. H. Najib Haitami, MM
NIP. 195408131985031004