Halaman

Jumat, 06 Mei 2011

APA ITU JARINGAN SOSIAL PERTEMANAN KEMANUSIAAN

Keberadaan jaringan sosial pertemanan kemanusiaan ini adalah dari suatu ide yang sederhana. Awal mula dari fenomena keberadaan situs jejaring pertemanan "FACEBOOK" yang lagi "booming". Dari kata "pertemanan" itu muncullah suatu ide bagaimana kalau kata "pertemanan" itu lebih "diberdayakan" dengan kata "sosial", dan "kemanusiaan". Tentu itu, lebih dari pertemanan saja. Untuk apa kita berbagi cerita pada teman-teman kita melalui jejaring sosial "FB" kalau hanya yang diceritakan itu-itu saja. Kita ingin lebih dari itu, ingin mencari tujuan dari pertemanan itu sendiri.

Nah sobat, dari situlah kita teman-teman berpikir "ayo kita manfaatkan jejaring sosial ini dengan kegiatan positif"....Singkat cerita, teman-teman ambil inisiatif "yuk kita ngumpulin barang-barang bekas yang layak pakai..nanti kita salurkan kepada panti-panti asuhan dan panti jompo". Ya, akhirnya teman-teman di Subbag Hukmas dan KUB plus dukungan dari teman-teman di Bidang-bidang dan Pembimas, akhirnya disepakati dibentuklah "Jaringan Sosial Pertemanan Kemanusiaan". Wah sobat, ternyata animo rekan-rekan di Kanwil Kemenag Sumsel sangat besar dan Pengelola Jaringan banyak sekali menerima pakaian bekas layak pakai sehingga menyulitkan pengelola menempatkan barang-barang tersebut. Untunglah Pak Saefudin (Kasubbag Hukmas dan KUB) sangat antusias sekali memberikan dukungan dan menyiapkan ruang Subbag Hukmas dan KUB sebagai tempat penampungan sementara barang-barang bekas layak pakai.

Nah sobat, agar kegiatan ini lebih jelas dan transparan, akhirnya pengelola jaringan menghadap Kabag Tata Usaha H. Amri untuk meminta saran, pendapat dan petunjuk dari beliau. Wah, ternyata lagi-lagi kami mendapat dukungan yang luar biasa dari Pak Amri. Bahkan beliau mengajak kami menghadap Ka. Kanwil Kemenag Prov. Sumsel Drs. H. Najib Haitami,MM untuk menceritakan keberadaan jaringan ini. Lagi-lagi kami bersyukur kepada Tuhan, Pak Najib sangat-sangat mendukung sekali kegiatan ini. Bahkan beliau mengharapkan Pak Amri pada penyaluran perdana untuk ikut melepas dan sekaligus mengantarkan langsung barang bantuan kemanusiaan tersebut ke Panti Asuhan dan Panti Jompo.

Mau tahu sobat, akhirnya pada Hari Jumat tanggal 23 Juli 2010 Jaringan Sosial Pertemanan Kemanusiaan melaksanakan penyaluran perdana ke Panti Asuhan dan Panti Jompo yang dilepas dan serahkan langsung oleh Bapak Amri, S.Ag.,MM mewakili Kanwil Kemenag Prov. Sumsel. Terima kasih Bapak Pimpinan kami.

Sobat, kegiatan Jaringan Sosial Pertemanan Kemanusiaan ini mulai dari terbentuknya secara terus menerus tanpa batas waktu menerima sumbangan dari pihak manapun tanpa ikatan atau kepentingan apapun. Dan kami mengharapkan dukungan dari rekan-rekan sejawat agar jaringan ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar pula. Dan sobat perlu juga diketahui, kegiatan ini kami lakukan diluar jam kerja jadi tidak mengganggu tugas dan tanggung jawab kami sebagai pelayan masyarakat.